CEO TROPHY
INTERNATIONAL BRIDGE TOURNAMENT
TELKOM INDONESIA OPEN 2018
Peraturan Pertandingan

Telkom Landmark Tower Auditorium 6th Floor, Gatot Subroto Kav 52, South Jakarta, 15-17 November 2018


ENGLISH | INDONESIAN

 

 

A. UMUM

Pertandingan dilaksanakan berdasarkan Peraturan Pertandingan Internasional “Laws of Duplicate Contract Bridge 2007” ditambah dengan peraturan khusus seperti yang tertera dibawah ini.

B. KHUSUS

  1. Protes kepada AC harus diajukan secara tertulis dalam batas waktu paling lambat 15 menit setelah PP menetapkan keputusannya (setelah sesi bersangkutan selesai) dan disertai uang protes sebesar Rp.1.000.000.
    (Uang ini akan dikembalikan bila protesnya dinyatakan wajar atau benar oleh AC). Sidang AC harus dihadiri minimal 3 orang Ahli yang ditunjuk panitia. Dalam hal ini, keputusan Para Ahli bersifat mutlak dan wajib dipatuhi.
  2. Peserta tidak diijinkan menggunakan system penawaran artificial yang rumit, antara lain sistem yang termasuk kategori HUM.
  3. Dalam mengambil keputusan TD bisa berkonsultasi dengan Para Ahli/Expert.

C. PELAKSANAAN PERTANDINGAN

Pelaksanaan:
Hari Kamis s.d Sabtu
Tanggal 15 November s.d 17 November 2018
Pukul 13:00 s.d selesai

Tempat:
Telkom Landmark Tower Auditorium 6th Floor
Gatot Subroto Kav 52, Jakarta Selatan

D. FORMAT PERTANDINGAN

  1. Pertandingan dilaksanakan dalam dua babak, yaitu Babak Pendahuluan, dan Babak Final. Babak Pendahuluan menggunakan sistim Swiss 6 sesi, memainkan 10 papan/sesi. Tujuh Tim terbaik hasil babak pendahuluan ditambah satu Tim yang ditunjuk Tuan Rumah akan maju ke babak final. Sedangkan regu yang gugur di babak pendahuluan berhak mengikuti pertandingan Swiss dengan minimal 4 Pemain yang sama pada saat babak pendahuluan.
  2. Setiap Tim/Regu terdiri dari maksimum 6 pemain. Pemain yang sudah pernah bertanding di suatu Tim, tidak diizinkan ikut bertanding di Tim lain, kecuali mendaftar ulang pada saat pertandingan Swiss dengan ketentuan membayar biaya pendaftaran untuk kategori Swiss
  3. Hadiah hiburan untuk kategori Tim Ladies Terbaik, Instansi Terbaik, Telkom Terbaik, Junior Terbaik, Pelajar Terbaik, Mixed/Supermixed Terbaik dan Senior Terbaik, berdasarkan hasil pada pertandingan babak Swiss (bukan dari hasil babak pendahuluan) dengan ketentuan tidak ada hadiah rangkap dan masing-masing kategori diikuti oleh minimal 4 Tim, jika tidak memenuhi syarat maka kategori yang bersangkutan ditiadakan.
  4. TIM Luar Negeri adalah semua pemain berasal dari luar Negara Indonesia dibuktikan dengan identitas ( Paspor ).
  5. Para pemain Tim Yunior/Mahasiswa berusia maksimum 26 tahun (kelahiran 1 Januari 1993 atau sesudahnya) yang dibuktikan dengan menunjukkan KTP yang berlaku dan boleh 2 orang pemain berusia 28 tahun.
  6. Para pemain Tim Senior 4 orang minimum berusia 60 tahun (kelahiran 1 Januari 1959 atau sesudahnya) yang dibuktikan dengan menunjukkan KTP yang berlaku dan boleh 2 orang Pemain Berusia 58 tahun.
  7. Khusus untuk kategori Tim Instansi dan Telkom, minimal diwakili oleh 3 orang pemain yang merupakan karyawan dari Instansi yang bersangkutan dibuktikan dengan tanda pengenal Instansi ybs.

E. SISTIM PERTANDINGAN

  1. Babak Penyisihan
    1. Sistem Swiss dalam 7 sesi @ 10 papan tanpa pindah tempat dan setiap Tim berhadapan dengan lawan yang sama satu kali.
    2. Pairing peserta dilaksanakan sebagai berikut :
    3. Sesi 1 berdasarkan nomor Tim.
    4. Sesi 2 dan seterusnya berdasarkan ranking Tim saat itu, yaitu Rk. 1 x Rk.2, Rk.3 x Rk.4, Rk.5 x Rk.6, Rk.7 x Rk.8, dstnya.
    5. Pada sesi terakhir Tim yang sudah pasti akan menjadi ranking 1 walaupun kalah 20-0 (dengan ketentuan selisih total VP-nya dengan tim ranking 2 saat itu, minimal 21VP) tidak diikutsertakan bertanding di sesi terakhir.
    6. Penentuan pairing peserta berdasarkan total VP saat itu. Khusus untuk penentuan pairing, jika terdapat dua atau lebih regu yang memiliki total VP sama, maka dilihat dari total nilai imp plus, dan bila sama besar, maka regu dengan nomor kecil dianggap berada pada peringkat lebih tinggi.
    7. Setelah bertanding 7 sesi, 7 Tim terbaik berdasarkan total VP berhak maju ke babak final. Apabila terdapat lebih dari 1 regu yang memiliki total VP sama, maka ranking nya ditentukan berdasar kan Total Nilai IMP plus dibagi Total Nilai IMP Minus.
  2. Babak Final
    1. Diikuti 7 Tim terbaik hasil babak pendahuluan, ditambah satu Tim tuan rumah atau tim yang ditentukan oleh Panitia Penyelenggara.
    2. Sistem pertandingan setengah kompetisi memainkan @ 12 papan per-sesi tanpa pindah tempat, dan memainkan distribusi kartu yang sama. Pada babak final tidak ada tambahan nilai carry over.
    3. Penentuan Juara dan peringkat akhir, berdasarkan total VP 7 sesi. Bila terdapat lebih dari satu Tim yang memiliki total VP sama, maka peringkatnya ditentukan menurut urutan sebagai berikut :
      1. Hasil direct match.
      2. Bila hasil direct match masih sama, atau jumlah Tim yang memiliki total VP sama, ternyata lebih dari dua Tim, maka peringkat masing-masing Tim tersebut ditentukan dari hasil total nilai IMP plus di babak final dibagi total nilai IMP minus.
    4. Skema Babak Final:
      RdMeja 1Meja 2Meja 3Meja 4
      11 x 82 x 73 x 54 x 6
      21 x 78 x 26 x 35 x 7
      31 x 62 x 53 x 84 x 7
      41 x 56 x 27 x 38 x 4
      51 x 42 x 35 x 86 x 7
      61 x 34 x 27 x 58 x 6
      71 x 23 x 45 x 67 x 8

      Tim No.1 selalu mendapat hak sebagai tim Tuan Rumah (TR), dan tim TR berhak menempatkan pemainnya setelah Tim Tamu mengambil posisi. (Nomor Tim yang disebut lebih dulu adalah Tuan Rumah).

    5. Victory Point
      Pemberian nilai victory point pada pertandingan ini, berdasarkan daftar VP tahun 2013 yang dikeluarkan oleh WBF.

F. ETIKA

Para peserta agar memenuhi beberapa aturan yang berkaitan dengan etika penampilan selama pertandingan, di antaranya sbb.:

  1. Setiap pemain wajib menjunjung tinggi sportivitas serta etika dan norma-norma permainan bridge.
  2. Selama pertandingan para peserta harus menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  3. Untuk menghindari kesan adanya pemberian informasi yang tidak sah, selama penawaran dan permainan para pemain agar tidak memandang partnernya atau melakukan gerakan yang mencurigakan.
  4. Pegangan kartu hendaknya lebih rendah dari permukaan meja, kecuali bagi yang sedang menjadi declarer.
  5. Pemain diwajibkan memakai sepatu (tidak dibenarkan memakai Sendal atau sejenisnya) kecuali berhalangan khusus.

G. SISTEM PENAWARAN, KARTU KONVENSI DAN ALERT

Para pemain harus memberitahukan kepada lawannya mengenai system penawaran yang digunakan, menyediakan kartu konvensi dan melakukan alert terhadap bidding artificial sesuai ketentuan sebagai berikut:

  1. Setiap pasangan wajib memiliki kartu konvensi rangkap dua.
  2. Pada babak pendahuluan dan pertandingan swiss dilarang menggunakan system Brown Sticker dan Red Sticker.
  3. Setiap pemain harus memberikan alert jika partnernya melakukan tawaran artificial atau tawaran yang memiliki arti tertentu, termasuk weak no trump. Khusus pada pertandingan yang menggunakan tirai, maka alert dilakukan untuk bidding sendiri dan partnernya.

H. HUKUMAN

  1. Hukuman keterlambatan hadir:
    1 - 5 menit: Peringatan PP
    5+ - 15 menit: Denda 0,5 VP/menit
    15+ menit: Dinyatakan kalah WO.
  2. Slow Play
    Jika waktu habis, papan-papan yang belum sempat dimainkan akan dicabut dan papan yang sedang dimainkan tetap harus diselesaikan namun dikenakan hukuman slow play sebagai berikut:
    1 – 5 menit: peringatan PP
    5 menit/lebih: denda 0,5 VP/menit
  3. Perhitungan WO.
    Tim yang menang WO mendapat VP terbaik dari tiga pilihan sebagai berikut:
    1. Rata-rata VP-nya hingga pada sesi tersebut.
    2. 20 VP dikurangi rata-rata VP tim yang kalah WO hingga sesi tersebut.
    3. Mendapat 13 VP.
  4. Khusus untuk kemenangan WO berlaku aturan:
    1. Pada pertandingan yang menggunakan system Swiss, kemenangan WO pada sesi 1 atau sesi 2 mendapat 13 VP.
    2. Tim yang WO lebih dari satu kali dinyatakan diskualifisier, dan dalam pertandingan final, bila tim tersebut sudah bertanding minimal 4 sesi, maka skor yang diperoleh lawan-lawan sebelumnya tetap sah, sebaliknya jika kurang dari 4 sesi, maka semua skor ketika menghadapi tim tsb, dihapus dan semua Tim yang telah atau akan berhadapan dengannya dianggap mendapat bye.
    3. Pada penghitungan VP rata-rata angka ketiga di belakang koma dihapus.
  5. Setiap pelanggaran terhadap ketentuan berikut ini dikenakan denda 1 VP.:
    1. Penulisan skor harus rapi/jelas dan tanpa coretan.
    2. Tidak diizinkan menggunakan Handphone. Ketika memasuki ruangan pertandingan, handphone harus dimatikan (tidak aktif).
    3. Selama permainan berlangsung pemain yang akan meninggalkan tempat duduknya harus terlebih dulu minta ijin PP atau stafnya.
    4. Setelah penawaran selesai dan menjelang opening lead, declarer tidak boleh memperlihatkan pegangan kartunya kepada partnernya.

I. KATEGORI HADIAH

Pada turnamen ini akan disediakan uang pembinaan sebesar 220 juta rupiah untuk beberapa kategori sebagai berikut:
8 Finalis, 4 pertandingan Swiss, Best Tim Ladies, Best Tim Instansi, Best Tim Telkom, Best Tim Yunior, Best Tim Pelajar (maksimal siswa SMA), Best Tim Mixed/Supermixed dan Best Tim Senior.

J. KETENTUAN LAINNYA

  1. Dalam keadaan darurat dan demi kelancaran jalannya pertandingan, maka setelah berkonsultasi dengan Panitia Penyelenggara, dalam hal ini PP dapat mengambil tindakan yang menyimpang dari peraturan ini, atau menetapkan peraturan tambahan dengan cara mengumumkannya terlebih dahulu kepada seluruh peserta.
  2. Seluruh Arena Pertandingan bersifat Double Close Room.
  3. Dua tim yang berhadapan ternyata duduknya searah sehingga skornya tidak bisa dihitung, hanya mendapat VP 7-7.

K. JADWAL PERTANDINGAN

hariEvent
Kamis
15 Nov
11:00-13:00Registration
13:00-14:15QR1
14:45-15:00Opening Ceremony
15:00-15:30Break
15:30-16:45QR2
17:00-18:15QR3
18:15-19:00Break
19:00-20:15QR4
Jum'at
16 Nov
09:00-10:15QR5SWISS TEAM
10:30-11:45QR611:00-12:00Registration
11:45-13:00Ishoma12:00-13:00Break
13:00-14:30FR113:30-14:45SW1
14:45-15:15Break14:45-15:15Break
15:15-16:45FR215:15-16:30SW2
17:00-18:30FR316:45-18:00SW3
19:30-22:00Gala Dinner
Sabtu
17 Nov
09:00-10:30FR409:00-10:15SW4
10:45-12:15FR510:30-11:45SW5
12:15-13:00Break11:45-12:30Break
13:00-14:30FR612:30-13:45SW6
14:45-16:15FR714:00-15:15SW7
17:00-endClosing Ceremony

Jadwal dan skema pertandingan untuk pelajar, disesuaikan dengan jumlah peserta. Pertandingan pelajar dimulai pada hari Jum'at, 16 November 2018 pada pukul 14.00 WIB.

DAFTAR VP 10 PAPAN
diff 0 imp = 10 - 10 VP
IMPVICTORY POINTIMPVICTORY POINTIMPVICTORY POINT
110.39 - 9.61 1715.29 - 4.71 3318.30 - 1.70
210.77 - 9.23 1815.22 - 4.78 3418.44 - 1.56
311.14 - 8.86 1915.75 - 4.25 3518.58 - 1.42
411.50 - 8.50 2015.97 - 4.03 3618.71 - 1.29
511.85 - 8.15 2116.18 - 3.82 3718.84 - 1.16
612.18 - 7.82 2216.39 - 3.61 3818.97 - 1.03
712.51 - 7.49 2316.59 - 3.41 3919.10 - 0.90
812.83 - 7.17 2416.78 - 3.22 4019.22 - 0.78
913.14 - 6.86 2516.97 - 3.03 4119.33 - 0.67
1013.43 - 6.57 2617.16 - 2.84 4219.44 - 0.56
1113.72 - 6.28 2717.33 - 2.67 4319.55 - 0.45
1214.00 - 6.00 2817.51 - 2.49 4419.66 - 0.34
1314.28 - 5.72 2917.67 - 2.33 4519.76 - 0.24
1414.54 - 5.46 3017.84 - 2.16 4619.86 - 0.14
1514.80 - 5.20 3117.99 - 2.01 4719.96 - 0.04
1615.05 - 4.95 3218.15 - 1.85 4820.00 - 0.00
DAFTAR VP 12 PAPAN
diff 0 imp = 10 - 10 VP
IMPVICTORY POINTIMPVICTORY POINTIMPVICTORY POINT
110.36 - 9.641915.37 - 4.633718.41 - 1.59
210.71 - 9.292015.58 - 4.423818.54 - 1.46
311.05 - 8.952115.79 - 4.213918.66 - 1.34
411.38 - 8.622215.99 - 4.014018.78 - 1.22
511.70 - 8.302316.18 - 3.824118.90 - 1.10
612.01 - 7.992416.37 - 3.634219.02 - 0.98
712.31 - 7.692516.55 - 3.454319.13 - 0.87
812.61 - 7.392616.73 - 3.274419.24 - 0.76
912.90 - 7.102716.91 - 3.094519.34 - 0.66
1013.18 - 6.822817.08 - 2.924619.44 - 0.56
1113.45 - 6.552917.24 - 2.764719.54 - 0.46
1213.71 - 6.293017.40 - 2.604819.64 - 0.36
1313.97 - 6.033117.56 - 2.444919.74 - 0.26
1414.22 - 5.783217.71 - 2.295019.83 - 0.17
1514.46 - 5.543317.86 - 2.145119.92 - 0.08
1614.70 - 5.303418.00 - 2.005220.00 - 0.00
1714.93 - 5.073518.14 - 1.86
1815.15 - 4.853618.28 - 1.72