PERATURAN PERTANDINGAN
TURNAMEN BRIDGE PIALA REKTOR UGM XXII
BEREGU TERBUKA | BEREGU MAHASISWA

Grha Sabha Pramana, Bulaksumur, 3-4 November 2018

 

A. UMUM

  1. PENYELENGGARAAN
    Pertandingan diselenggarakan oleh UKM Bridge UGM dan dilaksanakan berdasarkan Laws of Duplicate Contract Bridge 2017 beserta addendum-addendumnya ditambah dengan peraturan khusus.
  2. BAHASA RESMI
    Bahasa Resmi yang digunakan selama pertandingan berlangsung adalah Bahasa Indonesia.
  3. ETIKA DAN SIKAP
    Seluruh peserta dalam event ini agar memenuhi etika dan sikap dengan standar yang tinggi di setiap waktu. Semua regu dan pasangan diwajibkan bermain untuk kemenangan di setiap waktu dan keadaan. Semua peserta termasuk Kapten Tidak bermain diharuskan untuk menerima Keputusan Pimpinan Pertandingan dengan cara sportif.
  4. TATA CARA BERPAKAIAN
    Peserta diwajibkan berpakaian yang pantas, sopan dan rapi.
  5. LARANGAN
    Larangan ini berlaku di arena pertandingan dan tempat lainnya yang ditentukan panitia.
    1. Merokok
      Pemain dan ofisial regu tidak diperbolehkan merokok di arena pertandingan dan tempat-tempat lainnya yang ditentukan Panitia Penyelenggara. Pelanggaran ini dikenakan hukuman pengurangan 1 VP bagi timnya dan 25 % dari Top yang tersedia bagi pasangannya.
    2. Telepon Genggam dan Peralatan Elektronik Lainnya
      Telepon genggam dan peralatan elektronik lainnya tidak boleh diaktifkan selama pertandingan berlangsung. Pelanggaran pertama akan mendapatkan peringatan PP dan pelanggaran kedua dikenakan hukuman pengurangan 2 VP bagi timnya.
  6. BATAS WAKTU
    Batas waktu untuk menyelesaikan permainan adalah sebagai berikut:
    1. 10 Papan = 75 menit
    2. 16 papan = 120 menit
  7. KARTU KONVENSI
    Para pemain diwajibkan membawa kartu konvensi. Jika tidak membawa kartu konvensi, penjelasan yang tidak sesuai dengan pegangan akan diperlakukan sebagai salah memberikan informasi.
  8. PUTUSAN DAN KETIADAAN APPEAL
    Apabila terjadi suatu pelanggaran, Pimpinan Pertandingan (PP) harus segera dipanggil. Hanya PP yang berhak memutuskan koreksi dari suatu pelanggaran.

    Sejak Laws of Duplicate Contract Bridge 2017 Komisi Arbitrase telah ditiadakan dan karena ketiadaan reviewer maka keputusan PP di event ini menjadi mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Dengan mengikuti event ini maka setiap atlit, kapten regu dan manajer tim telah paham dan setuju dengan ketentuan ini serta harus dapat menerima putusan PP sebagai bagian dari sikap yang sportif.

A. KHUSUS

  1. Pertandingan dibagi dalam 3 babak:
    1. Babak penyisihan yang memainkan sistem swiss 5 sesi @ 10 papan . 7 regu dengan VP terbaik plus satu regu tuan rumah akan maju ke babak knock out
    2. Babak Semi final, peringkat 1 babak penyisihan akan pilih lawan dari peringkat 4 sd 7. Dilanjutkan peringkat 2 dan kemudian peringkat 3 untuk memilih lawan dari peringkat 5 sd 8 yang belum dipilih oleh peringkat yang lebih tinggi. Sedangkan regu tuan rumah akan dapat sisanya.
    3. Final. Pemenang semifinal akan maju ke babak final yang akan memainkan 1 x round robin (3 sesi @ 16 papan).
  2. PROSEDUR HASIL SERI (TIE BREAKING)
    Jika ada 2 (dua) regu atau lebih yang memiliki VP akhir yang sama pada akhir putaran, maka penentuan urutan peringkat sebagai berikut :
    • Regu yang memperoleh Hasil IMP Direct Match yang lebih besar, jika masih sama maka,
    • Regu yang memperoleh IMP Quotient lebih besar (total IMP Plus dibagi total IMP Minus) dari seluruh sesi, jika masih sama maka :
    • Regu yang memperoleh IMP TOTAL lebih besar (total IMP Plus dikurangi total IMP Minus) dari seluruh sesi, jika masih sama maka :
    • Diundi
  3. WALK OVER (WO)
    Apabila ada regu yang karena sesuatu hal, tidak dapat bermain atau menyelesaikan sesi tertentu, maka regu dimaksud dinyatakan WO pada sesi itu dan mendapat 0 VP dan 0 IMP. Regu lawannya dinyatakan menang dengan perolehan nilai VP terbaik dari :
    • Rata-rata VP yang dikumpulkan (maksimum 20 VP dan minimum 12.5 VP), atau
    • 20 dikurangi rata-rata VP yang dikumpulkan regu yang melakukan WO maksimum 20 VP dan minimum 12.5 VP.

    Pada babak kwalifikasi Perhitungan rata-rata VP dihitung pada saat sesi WO terjadi. Pada babak Final dihitung setelah seluruh sesi dimainkan.
  4. CARRY OVER
    Dalam babak Semi Final di berlakukan ketentuan Carry Over, dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Jika regu dengan peringkat lebih tinggi telah memenangkan direct match, regu tersebut mendapat c.o 50,5% dari selisih IMP dalam direct match itu, dengan maksimal 12,51 IMP.
    2. Jika regu dengan peringkat lebih rendah telah memenangkan Direct Match, regu tersebut mendapat C.0 33,3% dari selisih IMP dalam direct match, dengan maksimal 12,51 IMP.
    3. Jika pada saat direct match hasilnya seri, maka regu yang peringkatnya lebih tinggi akan mendapat C.O senilai 0,51 IMP.
  5. TERLAMBAT MULAI
    Hukuman keterlambatan adalah sebagai berikut:
    • Terlambat 0+ - 5 menit : Peringatan PP
    • Terlambat 5+ - 10 menit : 1 VP
    • Terlambat 10+ - 15 menit : 2 VP
    • Terlambat lebih dari 15 menit regu yang bersangkutan dinyatakan WO
  6. HAL-HAL LAIN
    Hal-hal yang belum tercantum dalam peraturan pertandingan ini bila masih diperlukan masih dapat ditambah oleh Panitia Penyelenggara dengan diumumkan terlebih dahulu.